4.4.18

Kebaya and Wiron Skirt

Berkebaya dan berkain tradisional merupakan kebanggaan tersendiri apalagi kalau kita tinggal di negeri orang. Rasanya seperti menjadi duta bangsa dalam memperkenalkan budaya Indonesia. Terkadang kita ingin memakai kebaya tapi ternyata kebaya lama sudah kesempitan sementara acara bernuansa Indonesia sudah semakin dekat.

Bagi Anda yang berdomisili di Perancis dan membutuhkan jasa penjahitan kebaya dan/atau rok wiron, silakan hubungi saya di page Facebook Puspita Jewel

Namun sebelumnya, silakan baca term dan kondisi di bawah ini:

  1. Kain disediakan oleh klien dengan panjang sesuai kebutuhan (bisa konsultasi dulu). Saya tidak menerima permintaan untuk mencarikan kain karena pertimbangan waktu dan selera pribadi.
  2. Kain yang akan dijahit sebisa mungkin dicuci terlebih dahulu oleh klien untuk menghindari pengerutan. Namun bila klien tidak sempat, saya akan menjahitnya langsung tanpa mencuci.
  3. Pengukuran badan dilakukan secara langsung. Namun bila klien bertempat tinggal jauh dari saya, kain bisa dikirim dengan contoh baju yang masih cukup dipakai sebagai patokan ukuran. Alternatif lain adalah menggunakan ukuran standar S, M, L, XL namun klien harus mengirimkan ke saya ukuran lingkar badan, lingkar pinggang dan lingkar pinggul sehingga saya bisa mencocokkan ke tabel ukuran standar. Mohon dipahami bahwa ukuran komersial (di toko) bisa berbeda antara satu merk dengan yang lain. Jadi saya lebih percaya dengan ukuran klien sendiri.
  4. Lama proses penjahitan bisa bervariasi tergantung banyaknya pesanan saat itu. Secara umum masa pengerjaan adalah 2 minggu sampai 1 bulan terhitung sejak kain masuk, ukuran ada dan model disepakati. 
  5. Bagi klien yang bertempat tinggal di departemen Loiret, saya mengharapkan untuk bertemu langsung untuk satu kali fitting. Namun bila itu tidak memungkinkan, hasil jahitan akan dikirim langsung lewat pos.
  6. Biaya penjahitan akan tergantung pada kesulitan model dan jenis bahan. Sebagai patokan, kebaya kutubaru dari bahan katun tanpa furing dikenakan biaya menjahit 25 euros, sementara rok wiron dari batik katun dikenakan biaya 15 euros (semua harga belum termasuk ongkos kirim).
  7. Pembayaran dilakukan dengan tunai, cek atau Paypal setelah jahitan selesai dan diterima oleh klien. 

Berikut ini adalah beberapa kebaya dan rok wiron yang sudah terealisasi untuk pribadi maupun klien. Saya masih menunggu foto-foto lain dari klien di saat mereka mengenakan jahitan saya.








No comments: